DaarulUluumLido.com – Tiga alumni Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido berangkat ke luar negeri untuk melanjutkan pendidikan ke Al-Azhar Mesir pada hari Jum’at (04/03/2022). Pertama, Sabiola Mansiz Setiadi asal Bekasi. Kedua, Yazid Aunillah Syaikhan asal Bekasi. Ketiga, Rifdha Ghina Salsabila asal Bogor.

“Selamat kepada seluruh Camaba Al-Azhar Mesir, semoga  ilmunya bermanfaat dunia dan akherat utamanya memperkuat DNA Islam Wasathiyyah di Indonesia dan dunia.”

Tiga alumni tersebut merupakan angkatan 19 (Bravement) yang menempuh jalur tes masuk kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir yang diselenggarakan oleh Kementerian Agama (Kemenag) melalui Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis).

Khadimul Mahad, Kiai M. Yazid Dimyati, S.Th.I., Lc. menyempatkan untuk mengantar 3 alumni ke Bandara Soekarno-Hatta serta memberikan pesan kepada mereka agar senantiasa sungguh dalam mencari ilmu dan tetap mendoakan orang tua serta guru yang berada di Pesantren.

Pesantren memiliki alumni yang sudah tersebar di 3 Benua. Melalui Ikatan Keluarga Alumni Daarul ‘Uluum Lido (IKADA) mahasiswa baru seperti Sabiola, Yazid, dan Rifda tidak perlu khawatir jika sudah sampai di Mesir. Mereka akan disambut dengan hangat oleh IKADA Mesir yang berada di sana.

Selanjutnya, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam, Prof. Suyitno menyampaikan bahwa tes seleksi Camaba Timur Tengah ini telah dilakukan dengan sangat transparan dan terbuka. “Seluruh akses informasi dapat diketahui oleh para peserta dengan baik”, tutur Prof. Suyitno.

Tahun 2021 jumlah kelulusan mengalami peningkatan kouta karena didorong beberapa faktor. Pertama, tidak adanya pelaksanaan seleksi Camaba oleh Kemenag pada tahun 2020 atas rekomendasi dari Kemenlu karena pandemi Covid-19 yang msh tinggi saat itu, sehingga dimungkinkan peminat sudah lama menunggu pada tahun ini. Kedua, pembukaan seleksi Timteng gelombang kedua pada tahun ini tidak jadi dilaksanakan dengan berbagai pertimbangan dan ketiga adanya opsi pilihan bagi bahasiswa yang tidak lolos beasiswa ke Maroko dapat memilih untuk melanjutkan studi ke Mesir dengan jalur Mandiri.

Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama, M. Adib Abdushomad, M.Ed., Ph.D mengucapkan, “Selamat kepada seluruh Camaba Universitas Al-Azhar Mesir, semoga  ilmunya bermanfaat dunia dan akherat utamanya memperkuat DNA Islam Wasathiyyah di Indonesia dan dunia.”

3 Alumni Melanjutkan Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir
3 Alumni Melanjutkan Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir. Yazid Aunillah Syaikhan berara paling kanan dan Sabiola Mansiz Setia di 5 orang dari kanan
3 Alumni Melanjutkan Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir
3 Alumni Melanjutkan Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir. Rifda Ghina Salsabila 5 orang dari kanan
3 Alumni Melanjutkan Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir
3 Alumni Melanjutkan Kuliah di Universitas Al-Azhar Mesir. Pimpinan Pesantren (Kiai M. Yazid Dimyati, S.Th.I., Lc) bersama alumni dan keluarganya.

Pewarta: Fakhri Putra Tanoto