Study Comparative Pondok Pesantren Daarul Ahsan 1

Setelah kedatangan study tour dari SDIT Permata Madani kemarin, Pesantren Modern Daarul Uluum Lido kembali kedatangan tamu yaitu Pondok Pesantren Daarul Ahsan, Tangerang. Para peserta study comparative ini adalah santriwan/wati kelas 5 yang baru saja dilantik menjadi pengurus yang berjumlah sekitar 160 orang. Mereka berniat bersilaturahmi sekaligus belajar dan bertukar pikiran di Pesantren Modern Daarul Uluum Lido bersama dengan para pengurus HISADA Masa Khidmat 2019-2020.

Santriwan/wati dan para asatidz/ah dari Pondok Pesantren Daarul Ahsan tiba di PM DULIDO pukul 11.30 WIB, yang mana mereka turun di masjid Aqua Bohlam, karena akses jalan menuju PM DULIDO tidak memungkinkan untuk dilewati oleh kendaraan mereka, dan mereka pun langsung disambut hangat oleh pengurus HISADA putra dan putri dan beberapa asatidz dari Majlis Ri’ayah sekaligus mengantar sampai ke PM DULIDO.

Study Comparative ini akan berlangsung selama 2 hari, yaitu dari tanggal 29-30 Januari 2020. Acara penyambutan diadakan setelah sholat dzuhur dan makan siang di masjid putra yang diikuti oleh seluruh peserta, seluruh pengurus HISADA putra-putri, asatidz/ah Pondok Pesantren Daarul Ahsan juga Majlis Ri’ayah. Ukh. Siti Sarah Herlina sebagai MC memimpin dengan memulai pembacaan ayat suci Al-qur’an yang dilantunkan oleh Akh. Afif. Kemudian dilanjut penyambutan pertama oleh perwakilan dari Pondok Pesantren Daarul Ahsan yaitu Ust. Marwan, SPd. Beliau menyampaikan maksud dan tujuan mereka datang ke Pesantren Modern Daarul Uluum Lido, yaitu tak lain tak bukan untuk bersilahturahmi, belajar dan bertukar pikiran. Setelah itu sambutan kedua dari ketua IP3DA ( Ikatan Pelajar Pondok Pesantren Daarul Ahsan ) yaitu Akh. Riza Mauzi. Dan disambung sambutan dari Ust. Wawan Irawan, S.Kom. yang menjelaskan “Pesantren Modern Daarul Uluum Lido juga masih banyak kekurangannya, belum pantas jika harus belajar di Pesantren ini, tetapi jika ingin bertukar pikiran, tentu saja dengan senang hati. Para pengurus IP3DA bisa banyak bertukar pikiran dengan pengurus HISADA, oleh karena itu kurang pantas jika disebut Study Comparative, tapi lebih cocok disebut Study Banding”. Ustadz Wawan juga menyampaikan bahwa beliau sebenarnya hanya menggantikan Mudirul Ma’had yang kebetulan tak bisa mengikuti acara karena ada halangan. Acara penyambutan berlangsung dengan khidmat, walau sempat terkendala oleh hujan deras. Acara selesai pada pukul 15.00 WIB.

Study Comparative Pondok Pesantren Daarul Ahsan 2
Study Comparative Pondok Pesantren Daarul Ahsan 3

Sore harinya, para peserta melaksanakan kegiatan selanjutnya yaitu keliling pondok yang langsung didampingi oleh pengurus HISADA sesuai bagiannya masing-masing. Tak hanya itu, para peserta putri sempat adu tanding bola basket dan bola volly, juga adu yel yel, sementara putra mengadakan tanding bola futsal. Ketika maghrib menjelang, kegiatan ditunda untuk melaksanakan sholat berjamaah di masjid. Kegiatan akan dilanjutkan malam hari, yang kebetulan ada kegiatan Muhadharah, yang mana para peserta dapat melihat langsung proses latihan berpidato tiga bahasa di Pesantren Modern Daarul Uluum Lido.

Acara penutupan diadakan di esok harinya, yaitu tanggal 30 Januari 2020. Acara diadakan di masjid putri pada pukul 08.00 WIB yang diikuti oleh seluruh peserta, pengurus HISADA, namun hanya perwakilan ketua bagian dan ketua rayon, asatidz/ah Pondok Pesantren Daarul Ahsan dan juga Majlis Ri’ayah. Penyampaian yang pertama disampaikan oleh Ust. Yalet, beliau menyampaikan penyampaian yang berisi tentang sejarah Pesantren Modern Daarul Uluum Lido, dan juga berterima kasih sudah bersilaturahmi ke PM DULIDO. Kemudian dilanjut oleh perwakilan dewan asatidz Pondok Pesantren Daarul Ahsan. Beliau berterus terang bahwa PM DULIDO bukan siapa-siapa mereka, karena Alm. H. Ahmad Dimyati adalah kakak kelas pimpinan pesantren mereka. “Terima kasih sudah mengijinkan kami untuk belajar” tutur beliau sebagai penutup penyampaiannya. Setelah itu penyerahan cindramata dari kedua belah pihak dan foto bersama.

Study Comparative Pondok Pesantren Daarul Ahsan 4

Acara selesai pada pukul 09.30 WIB. Setelah sempat foto bersama antara pengurus IP3DA dan Pengurus HISADA, warga PONPES Daarul Ahsan langsung pamit beranjak pulang. Semoga dengan adanya acara ini dapat membawa pengaruh yang baik bagi PM DULIDO maupun PONPES Daarul Ahsan.