DaarulUluumLido.com – Alumni angkatan XI (Eleventh) mengadakan acara reuni satu dasawarsa di Pesantren Modern Daarul Uluum Lido pada hari Sabtu (11/06/22). Reuni dalam Kamus Besar Berbasa Indonesia merupakan acara pertemuan kembali (Bekas teman sekolah, kawan seperjuangan, dan sebagainya) setelah berpisah cukup lama. Untuk kesempatan reuni yang diadakan di pesantren saat ini adalah pertemuan setelah 10 tahun lamanya setelah para alumni diwisuda pada tahun 2012 lalu.

Acara reuni ini dihadiri oleh sekitar 96 alumni angkatan XI (Eleventh) serta dihadiri oleh Khadimul Mahad dan jajaran guru dari Majelis Kehormatan Asaatidz (MKA) di Masjid Jami’ Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido pukul 15.30 WIB s.d selesai.

Sebelumnya, para alumni angkatan XI (Eleventh) telah melakukan ziarah ke makam pendiri pesantren, Drs. KH. Ahmad Dimyati dan Nyai Hj. Sa`diyah, BA. di komplek pemakaman pendiri Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido. Hal ini dilakukan selain untuk mengenang dan mendoakan pendiri pesantren tentu juga agar mendapatkan keberkahan atas ilmu serta pengalaman yang sudah didapatkan sejak 10 tahun yang lalu.

Reuni Satu Dasawarsa Angkatan 11 (Eleventh) 1

Ziarah ke Makam Pendiri Pesantren

Acara dibuka oleh Ust. Andhika Ramadhan, S.Pd yang merupakan salah satu alumni angkatan XI (Eleventh) dan diawali dengan pembacaan surah Al-Fatihah yang dikhususkan kepada pendiri Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido serta mendoakan seluruh dewan guru agar senantiasa diberikan kesehatan, panjang umur, dan kemudahan dalam mentransfer nilai-nilai keilmuan kepada santri.

Selanjutnya, acara dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Ust. Syaiful Bahri. Dalam bacaan Al-Qur’annya, beliau menyampaikan ayat tentang perintah Allah Swt kepada kaum mukmin untuk menjaga persatuan dan kesatuan dan juga perintah untuk berpegang teguh serta berusaha sekuat tenaga agar semuanya saling bantu-membantu untuk menyatu pada tali (agama) Allah agar kamu tidak tergelincir dari agama tersebut. Ayat yang dibacakan ini sangat relevan dan menjadi salah satu alasan yang mendasar untuk diadakannya Reuni Alumni angkatan XI (Eleventh).

Setelah mendengarkan bacaan Al-Qur’an, acara dilanjut dengan laporan kegiatan oleh Ust. Rizky Abdillah, S.Pd selaku Ketua Panitia Acara Reuni Alumni angkatan XI (Eleventh) dalam laporannya beliau menyampaikan tentang hasil kinerja panitia serta alumni dalam melakukan penggalangan dana untuk diberikan sebagai wakaf kepada Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido. Total penggalangan dana yang terkumpul sampai acara ini diselenggarakan berjumlah Rp. 45.520.000 dan akan diberikan dalam bentuk barang dan uang ke pesantren serta bingkisan kepada 37 dewan guru.

“Saya akan melaporkan hasil kinerja panitia serta alumni kurang lebih dalam waktu satu tahun ini melakukan penggalanan dana, sampai tanggal 11 Juni 2022 total dana yang terkumpul senilai Rp. 45.520.000 dan akan diwakafkan sejumlah Rp. 44.520.000 dalam bentuk barang/uang dan juga bingkisan untuk 37 dewan guru,” tutur Ust. Rizky Abdillah, S.Pd. selalu ketua panitia Reuni Satu Dasawarsa

Selanjutnya, Ust. Rizky Abdillah, S.Pd melaporkan jumlah alumni yang hadir mengikuti acara berjumlah 69 orang. “Kami laporkan bahwa pada hari ini jumlah 69 orang alumni hadir pada acara hari ini” jelas Ust. Rizky Abdillah, S.Pd.

Setelah mendengarkan laporan dari Ketua Panitia Acara, acara dilanjut dengan sambutan Ketua Angkatan XI (Eleventh) yang disampaikan oleh Ust. Muhammad Ma’sum, S.Pd dalam sambutannya beliau manyampaikan dua hal. Pertama, ucapan terima kasih kepada dewan guru sudah memberikan izin kepada alumni untuk hadir di pesantren. Kedua, permintaan maaf kepada dewan guru jika kedatangan alumni mengganggu waktu kesibukan, istirahat atau lainnya.

“Saya mewakili rekan-rekan alumni mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya karena sudah dibukakan gerbang pesantren untuk menghadiri acara ini, serta saya mewakili rekan-rekan alumni memohon maaf apabila kehadiran kami mengganggu waktu dewan guru dan terima kasih lagi karena sudah meluangkan waktunya untuk kami,” tutur Ust. Muhammad Ma’sum, S.Pd diacara Reuni Satu Dasawarsa yang dilaksanakan di Masjid Putri.

Reuni Satu Dasawarsa Angkatan 11 (Eleventh) 2
Simbolis pemberian wakaf dari angkatan XI (Eleventh) kepada Khadimul Mahad oleh Walikelas Ust. H. Dindin Syaripuddin, Lc

Acara dilanjutkan dengan sambutan sekaligus kesan dan pesan dari Khadimul Mahad, Kiai. M. Yazid Dimyati, S.Th.I., Lc dalam penyampaiannya beliau mengatakan, “Dua hal yang disampaikan Nabi Muhammad Saw, ya Allah berkahi yang sering menyambung silaturahim, yaitu diperluaskannya rezeki dan diperpanjangnya umur.”

Reuni Satu Dasawarsa

Kiai. M. Yazid Dimyati, S.Th.I., Lc pun menyampaikan bahwa pertemuan reuni yang diadakan ini adalah kenikmatan batiniyah antara guru bertemu dengan santrinya. Serta rasa syukur kepada Allah Swt karena disisa umur ini bisa dipertemukan kepada santri yang sudah menjadi alumni yang sayang kepada gurunya di pesantren ini.

“Pertemuan yang diadakan ini tidaklah lain adalah kenikmatan batiniyah antara guru bertemu dengan muridnya, kami pun mengucapkan rasa syukur kepada Allah Swt karena disisa umur ini bisa dipertemukan kembali dengan muridnya yang dimana sayang kepada gurunya,” tutur Kiai. M. Yazid Dimyati, S.Th.I., Lc. di acara Reuni Satu Dasawarsa alumni Angkatan 11

Kiai. M. Yazid Dimyati, S.Th.I., Lc

Diakhir sambutannya, beliau mengucapkan terima kasih kepada alumni angkatan XI (Eleventh) dan wakaf yang sudah diberikan serta saran untuk selalu menjaga silaturahmi ini tidak hanya di pesantren saja.

“Terima kasih kepada ahbab angkatan XI (Eleventh) atas kedatangannya ke pesantren dan kami pun dalam acara ini ridha bil ridha jikalau kami ada salahnya dalam mendidik antum. Sambung terus silaturahmi ini dan tidak harus di pesantren,” tutur Kiai. M. Yazid Dimyati, S.Th.I., Lc.

Sambutan lain disampaikan oleh dewan guru yang hadir dalam acara tersebut, antara lain:

  • Ust. Drs. H. Ahmad Yani, M.Pd.I
  • Ust. Kasman, S.Pd
  • Ust. Drs. Sarif Hidayat, M.Si
  • Ust. H. Ujang Musa, M.Pd
  • Ust. Abdul Syakur, M.Pd.I
  • Ust. H. Yalet Nurjalaludin, S.Ag

Acara Reuni Satu Dasawarsa ditutup dengan pembacaan lafadz tahmid “Alhamdulillahi rabbil ‘aalamiin” dan doa oleh Ust. H. Ujang Musa, M.Pd serta dilanjut dengan Mushofahah antara dewan guru dengan para alumni.

Reuni Satu Dasawarsa Angkatan 11 (Eleventh) 3

%d bloggers like this: