Pesantren Modern Daarul Uluum Lido melaksanakan acara mingguannya berupa pengajian Ummahat bersama khodimul mahad.Ummahat berarti ummah jama’ dari ummu yang artinya ibu-ibu dan mat yang berarti mahad yaitu pesantren jadi ummahat adalah perkumpulan istri-istri dari ustadz yang tinggal di area pesantren.Program ini berupa pengajian bersama khodimul mahad mengenai sunah-sunah rasul yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari.Pada tahun 2005 program tersebut dimulai dengan tujuan memperkuat tali silaturahmi, meningkatkan ilmu, serta mempertebal iman .Biasanya acara berlangsung di tempat yang berbeda-beda dengan tujuan agar setiap rumah merasakan keberkahannya.

Pengajian Ummahat Bersama khodimul Mahad 1

Jumat/14/02/2020, ummahat melanjutkan kegiatan rutinnya mengaji bersama. Dalam kesempatan kedua ini khodimul ma’had masih membahas mengenai tata cara atau adab ketika makan. Dengan menggunakan kitab Al-ihya juz 2 khodimul ma’had menerangkan baik dan buruknya prilaku makan yang biasa dianggap hal kecil.

Diawali tahlil bersama ummahat kemudian bersalawat yang dipimpin oleh santriwati faatiatuz zahra dan rindiani oktarina putri santriwati kelas 5 yang ahli dibidang shalawat, dalam pengajian ini khodimul ma’had mengajarkan adab tersebut agar supaya setiap warga pesantren terbiasa menjadi ahli sunnah.

Acara dimulai setelah ashar dihadiri oleh semua ummahat, pengajian dengan metode ceramah ini selalu diadakan di hari jum’at dengan penceramah yang berbeda-beda. Khodimul ma’had menjelaskan tata cara makan dengan beberapa poin sebagai berikut:

  1. Apabila bertamu lalu ditawarkan makan dalam posisi berpuasa maka tamu tersebut harus membatalkan puasanya
  2. Apabila ada makanan yang jatuh dari meja maka harus dimakan karena pahalanya sebanding dengan memerdekakan budak
  3. Tidak boleh memakan sisa makanan yang dalam mulut.

Apabila kalian makan sesuatu namun tidak tahu itu syubhat atau tidaknya setelah makan bacalah do’a: الحمد لله الذى على كل حا ل و فى كل حا ل ” nasihat khodimul ma’had kepada ummahat yang hadir

Pengajian Ummahat Bersama khodimul Mahad 2

Dengan demikian ummahat mendapatkan pemahaman lebih atas pengajaran yang khodimul ma’had berikan, metode penyampaian yang ringan disertai contoh kegiatan yang sering di lakukan ummahat sendiri.Semoga dengan adanya prgram ini ummahat menjadi ummah yang mampu mendidik anak serta menata rumah tangganya sesuai sunah-sunah rasul yang ada.