Daarul Uluum Lido

Ngaji Literasi Bersama Hana Hanifah

Sabtu 26 Oktober 2019 Pesantren Modern Daarul Uluum Lido kedatangan tamu dari tim GRAMEDIA dan ELEX MEDIA KOMPUTINDO untuk mengadakan Workshop Ngaji Literasi dengan menghadirkan penulis best seller mereka yaitu Hana Hanifah sebagai narasumber. Ngaji literasi adalah kegiatan dimana penulis mengajarkan cara menulis dengan baik kepada para pendengarnya,dengan menggunakan system ceramah. Dimana penulis menyampaikan materi dan pendengar menyimaknya.

 Acara terbagi di dua yaitu Critical Thinking and Writing dan yang kedua adalah Cara Menulis Fiksi dan Nonfiksi dimana para pesertanya adalah santriwan/i yang terpilih. Acara dimulai pada pukul 10.30 WIB yang diikuti oleh semua peserta. Dipandu oleh MC yang bernama Fitrurrahman santriwan kelas 5 asal Sukabumi. Kemudian acara disambut oleh WADIR 3 Bidang Bahasa dan Keilmuan yaitu Ustd.Fachrurozi    dalam sambutannya tersebut memaparkan “Sebelum memulai menulis harus banyak-banyak membaca”tutur beliau.

Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan perwakilan Elex Media Komputindo yaitu Bpk.Hedi selaku Editor  yang menjelaskan tentang buku yang akan dibedah yaitu ‘Muslimah Keren’ dan ‘I’m Muslim’ yang ditulis oleh Hana Hanifah. Mengingat materi kedua acara tersebut berbeda, stelah sambutan para peserta Critical Thinking and Writing mmemisahkan diri ketempat yang telah disediakan, yaitu bertempat di kantor Madrasah Aliyah Daarul Uluum Lido.

Acara Ngaji Literasi Bersama Hana Hanifah yang bertempat di Wisma diikuti oleh peserta Cara Menulis Fiksi dan Nonfiksi. Dalam acara tersebut Hana Hanifah menyampaikan isi tentang karyanya dan bagaimana ia mampu membuat buku-buku tersebut. Dan juga ia menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan tulis menulis seperti alasan mengapa harus menulis, cara mendapat ide, macam-macam jenis buku, proses membuat tulisan fiksi ataupun nonfiksi dan ia menekankan bahwa “Menulislah mulai saat ini”.  Hana Hanifa memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin bertanya,bagi mereka yang bertanya berhak mendapatkan sebuah buku dari Quanta.

Dilanjut dengan sesi kedua pada jam 13.00 WIB yaitu praktik menulis dengan meminta para peserta untuk menyusun kerangka tulisan dengan baik dan benar yang sebelumnya sudah dijelaskan terlebih dahulu. Setelah itu bagi yang berani untuk memaparkan hasil karyanya untuk dianalisis oleh tim editor dan diberi beberapa nasihat dimana letak kesalahannya.

Acara selesai pada pukul 16.00 WIB yang kemudian membagikan sertifikat bagi para peserta dilanjut dengan sesi pemotretan bersama GRAMEDIA dan Elex Media Komputindo mengadakan bazar buku yang berlangsung selama 3 hari, dimulai dari hari Sabtu dan diakhiri hingga hari Senin yang bertempat di Aula Putra.

            Semoga dengan adanya acara ini para santri dapat mengembangkan karya tulisnya dan bermanfaat bagi yang membacanya.(red:crewAlmahad)

Exit mobile version