Di awal tahun ini, Pesantren Modern Daarul Uluum Lido kembali kedatangan tamu yang berkeinginan untuk study tour. Bedanya, tamu kali ini bukan dari pesantren lain melainkan dari sekolah dasar islam terpadu yaitu SDIT Permata Madani Gunung Sindur, Bogor.

                Hal yang berbeda pada Study tour kali ini, yaitu para peserta study tour ikut merasakan langsung bagaimana menjadi santri, seperti latihan berpidato, pembagian kosakata, sholat berjama’ah di masjid, pengajian Al-Qur’an, antre untuk mandi dan makan, baca do’a bersama sebelum tidur dan tidur bersama para santri.

                Peserta study tour tiba di Pesantren Modern Daarul Uluum Lido pada tanggal 15 Januari 2020  pada pukul 16.30 WIB. Peserta kelas 6 SD yang berjumlah 29 orang yang terdiri dari 14 putra dan 15 putri langsung diarahkan ke masjid putri untuk diberi arahan apa saja yang akan mereka lakukan selama menjalani study tour, sekaligus membagikan kamar yang akan mereka tempati. Mereka di tempatkan di kamar santri baru, baik putra maupun putri. Arahan yang dipandu oleh Ust. Ridwan dan Ust. Zulhaji itu berlangsung hanya 30 menit, setelah itu para peserta dipersilahkan untuk menempati kamar yang sudah  dibagikan dan persiapan untuk sholat berjama’ah di masjid. Pada malam harinya mereka mengikuti kegiatan Latihan berpidato tiga Bahasa, yang dimana mereka ikut langsung masuk kedalam kelompok latihan berpidato yang sebelumnya pun sudah dibagikan kelompoknya, dan juga turut tampil di dalam kelompok tersebut.

                Pada tanggal 16 Januari, kegiatan dimulai dari sholat berjama’ah di masjid dan pembacaan wirid bersama, kemudian pembagian kosakata tiga Bahasa. Setelah itu mereka persiapan untuk kegiatan selanjutnya yaitu keliling pondok dan sambutan dari mudir sekaligus penutupan yang akan dilaksanakan di aula putra.

                Kegiatan dimulai dari keliling pondok dari pukul 07.00 WIB yang di bombing oleh beberapa pengurus HISADA. Seluruh lingkungan pesantren mereka kunjungi sampai ke pesantren Thafidz pun mereka kunjungi. Kegiatan keliling pondok usai pada pukul 08.00 WIB. Setelah itu peserta langsung menuju aula putra untuk kegiatan selanjutnya.

Kunjungan SDIT Permata Madani Bogor
Kunjungan SDIT Permata Madani Bogor

                Acara penyambutan oleh mudir sekaligus penutupan diikuti oleh seluruh peserta study tour dan para pembibingnya, beberapa panitia dari pihak pondok, beberapa pengurus HISADA yang terlibat dan terakhir Mudirul Ma’had Ust. Affan Afifi, S.Hi. Acara diawali oleh pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang lantunkan oleh Al akh Adriansyah santriwan kelas 5 asal Bogor. Setelah itu sambutan dari kepala sekolah SDIT Permata Madani. Dilanjut penyambutan dari Mudirul Ma’had. Dalam penyambutannya, Ust. Affan memaparkan sejarah awal mula pesantren berdiri, wafatnya pendiri pesantren dan juga siapa saja generasi penerus pemimpin pesantren. Terakhir, Ust. Affan menanyakan perasaan para peserta tentang kegiatan study tour ini, terlihat para peserta menjawabnya dengan antusias. Acara selanjutnya yaitu pemberian cindra mata, baik dari pihak pesantren maupun SDIT. Acara selesai pada pukul 10.15. Setelah itu para peserta study tour dan para pembingbing pamit untuk pulang.

                Semoga diadakannya study tour ini membuat pesantren Modern Daarul Uluum Lido lebih dikenal oleh masyarakat. Dan juga para peserta tertarik untuk melanjutkan Pendidikan di Pesantren kita, mengingat tujuan utama mereka mengunjungi pesantren untuk melihat bagaimana dan apa saja kegiatan yanga ada di pesantren modern.

Kunjungan SDIT Permata Madani Bogor
Kunjungan SDIT Permata Madani Bogor
Kunjungan SDIT Permata Madani Bogor
Kunjungan SDIT Permata Madani Bogor