Site icon Daarul Uluum Lido

Speech Contest dan Rising Star VI

Speech Contest dan Rising Star VI 5

Speech Contest adalah lomba berpidato dalam tiga bahasa,Inggris, Arab dan Indonesia yang diselenggarakan oleh Bagian Bahasa dan Keilmuan bagi seluruh santri. Ajang perlombaan ini dimulai sejak tahun 2015, dengan tujuan untuk mengukur kemampuan setiap santri selama mengikuti latihan berpidato yang dilaksanakan dua kali dalam seminggu. Selain berpidato adapun lomba yang diadakan dua tahun kebelakang berupa lomba bernyanyi yang dikenal dengan Rising Star.

Tahun ini, Bagian Bahasa dan keilmuan Masa khidmat 2019/2020 melanjutkan ajang perlombaan ini, tahun ini merupakan Speech Contest VI. Acara di awali dengan pertandingan antar grup yang dimana pemenangnya akan melanjutkan perlombaan kebabak semi final sebagai perwakilan dari gedungnya masing-masing.

Dalam babak semi final, setiap bidang bahasa hanya diambil dua peserta terbaik untuk menjadi finalis grand final begitupun untuk perlombaan Rising Star.Tempat perlombaan dikelompokan sesuai bahasanya masing-masing. Salah satunya, bahasa Arab putri yang bertempat di Masjid Putri. Adapun perlombaan tambahan untuk mengisi kekosongan para penonton berupa LCC antar gedung. Dibabak penyisihan Speech Contest santriwan/wati melaksanakan acara secara terpisah

Acara Speech Contest berlanjut dengan babak grand final yang berlangsung setelah isya,bertempat di aula putra, dan dihadiri oleh seluruh santri baik TMI ( Tarbiyatul Mualimin Alislamiyah) maupun Tahfidzul Qur’an serta wadir I bidang Bahasa dan keilmuan. Acara dimulai dengan pembukaan oleh Iqlima, Nazwa Tussalima, sebagai MC yang merupakan anggota OWL (Organization Warior of Languange). Berlanjut dengan pembacaan ayat suci Al-qur’an yang dilantunkan oleh anggota JMQ (Jam’iyatul Quraa). Babak grand final ini dilakukan selama dua hari, dimulai dari tanggal 6 maret yang merupakan lomba pidato Bahasa Indonesia dan Arab. Dihari selanjutnya adalah lomba pidato Bahasa Inggris, Rising star dan pembagian hadiah. Metode penilaian diambil dari penguasaan panggung, intonasi suara, body language, penyampaian materi ,dan kecepatan dalam menjawab pertanyaan juri setelah berpidato.

Para Juri Speech Contest VI

Acara Speech Contest ini berlangsung dengan meriah sebagaimana yang diharapkan, ditambah dengan dekorasi yang mendukung menjadi nilai tambah keberhasilan acara ini.Tidak lupa pula Akh. Farid Abdul dan Ukh. Siti Sarah sebagai ketua pelaksana dan Bagian Bahasa dan Keilmuan pusat maupun rayon yang ikut mensukseskan acara Speech Contest ini.

Panitia Acara

Diakhiri dengan pembagian hadiah dengan kategori juara 1 Lomba Pidato Bahasa Arab yaitu Son Haji, Juara 1 Lomba Pidato Bahasa Inggris Salwa Kamila, Juara 1 Lomba Bahasa Indonesia Ihsan. Adapun juara umum Speech Contest VI putri dimenangkan oleh gedung Zaenab dan juara umum Speech Contest VI putra dimenangkan oleh gedung Ibnu Sina.

Gedung Zaenab sebagai juara umum

Semoga dengan adanya acara Speech Contest ini seluruh santri Daarul Uluum Lido memiliki jiwa pensyiar islam di zaman sekarang dan memiliki rasa percaya diri untuk unjuk diri demi kebaikan.

Exit mobile version