Shalat Gerhana Bulan “Super Blue Blood Moon”

Daarululuumlido.com- (31/01/2018) Di awal tahun 2018 yang bertepatan dengan akhir bulan januari ini kita di hadiahkan sebuah fenomena yang cukup langka, yaitu 'Super Blue Blood Moon'  yang bahkan hanya terjadi sekian tahun sekali. Fenomena yang kita saksikan di awal tahun ini adalah fenomena yang sebelumnya terjadi di tahun 1866. Sehubungan dengan adanya fenomena ini, Pesantren Modern Daarul 'Uluum Lido pun turut mengambil bagian dari fenomena langka ini. Sebagai umat muslim, tentunya segenap keluarga besar Pesantren Modern Daarul 'Uluum Lido melaksanakan sunnah yang telah di contohkan sebelumnya oleh Rasulullah SAW, yakni melaksanakan Shalat Khusuful Qamar atau shalat gerhana bulan.

Shalat Gerhana bulan ini memiliki tatacara khusus yang berbeda dari shalat sunnah lainnya. Seperti yang dijelaskan oleh Ustadzah Khoeriyah kepada para santriwati bahwa shalat ini diawali dengan niat seperti halnya shalat biasa. Lalu dilanjut dengan bacaan surat seperti biasanya, namun surat yang dibaca adalah surat yang cukup panjang. Setelah itu ruku' yang cukup panjang lalu i'tidal, ketika i'tidal dilanjut lagi dengan membaca surat alfatihah dan surat pendek. Setelah itu dilanjutkan dengan ruku' yang cukup panjang lagi, baru kemudian sujud dan mengulang rakaat kedua dengan cara yang sama dengan rakaat pertama tadi.

Untuk pelaksanaannya, shalat gerhana bulan ini dilaksanakan terpisah antara santriwa n dan santriwati. Untuk santriwan dilaksanakan di Masjid Putra, sedangkan untuk santriwati dilaksanakan di Masjid Putri. Sedangkan untuk Imam shalat, bagi santriwan di Imami oleh al-Ustadz Zein Al-Hafidz dan santriwati di imami oleh al-Ustadzah Khoeriyah. Setelah pelaksanaan shalat berakhir, dilanjut dengan dua khutbah yang di sampaikan oleh Al-Ustadz Abdul Syakur di Masjid Putra dan Al-Ustadzah Syifa Kamal. Isi khutbah shalat khusuful qamar ini menjelaskan tentang pujian kepada Allah, mengagungkan Allah yang telah menciptakan alam semesta beserta isinya.

"Para jama'ah Shalat gerhana bulan. Sesungguhnya Allah telah menjelaskan dalam Al-Qur'an tentang segala sesuatu yang terjadi di alam semesta ini melalui ayat-ayat kauniyah-Nya",

begitulah sepenggalan kalimat yang terdapat dalam khutbah pertama shalat gerhana bulan yang disampaikan oleh Al-Ustadzah Syifa Kamal . Semoga dengan adanya Fenomena 'Super Blue Blood Moon' ini kita bisa mengambil hikmah dan meningkatkan ketakwaan kita kepada Ilahi Rabbi.

(Red. Salwa Nurhandini

Related posts