Site icon Daarul Uluum Lido

Pesan Mudir pada Kuliah Etiket

Pesan Mudir pada Kuliah Etiket

Pesan Mudir pada Kuliah Etiket

Daarululuumlido.com – 19 Desember 2019. Kuliah Etiket adalah acara rutin di Pesantrren Modern Daarul Uluum Lido yang berisi pesan terakhir Mudirul Ma’had untuk seluruh santri menjelang berlibur. Pesan yang disampaikan ketika kuliah etiket biasanya tentang tatakrama kita ketika dirumah ataupun sedang diluar rumah.

Menejelang perpulangan santriwan/wati pada akhir semester kali ini yang akan jatuh pada tanggal 20 Desember 2019, Pesantren Modern Daarul Uluum Lido mengadakan Kuliah Etiket sehari sebelum hari perpulangan yaitu pada tanggal 19 Desember 2019. Acara bertempat di aula putra, diikuti oleh seluruh santri dan juga para asatidz. Acara dimulai pada pukul 20.45 WIB yang diawali dengan pembacaan Rekapitulasi jumlah santri yang mengikuti acara, yang di bacakan oleh Ketua HISADA putra dan putri yaitu Syharul Munir Raihan dan Dylla Luthfia Ratsa. Kemudian acara dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dilantunkan oleh Dava Rizki santriwan kelas 4 asal Jakarta. Setelah itu langsung kepada acara inti, yaitu amanat Mudirul Ma’had Ust. Affan Afifi untuk seluruh santriwan/wati.

Pesan Mudir pada Kuliah Etiket, Cara bertamu dan menerima tamu

                Dalam amanatnya tersebut Ust. Affan mengatakan  “Mengapa pesantren lebih menitik beratkan Etiket daripada Etika? Karena Kuliah Etiket hampir tidak pernah diajarkan didalam kelas, oleh karena itu sangat wajib diajarkan karena Etiket bisa menjadi penilaian seseorang terhadap kita”. Dan juga beliau menjelaskan perbedaan anatara etiket dan etika. Jika etiket adalah perbuatan berkaitan dengan watak, sedangkan etika adalah hal yang absolut mutlak, tidak bisa diganggu gugat.

                Selain menjelaskan tentang etiket, beliau pun menyampaikan beberapa pesan yang harus diperhatikan oleh seluruh santri ketika berlibur nanti, diantaranya; Etika dalam berbusana dan berpakaian yang baik, Cara bertamu dan menerima tamu yang baik dan terakhir Tata cara makan dengan sopan.

“Mengapa pesantren lebih menitik beratkan Etiket daripada Etika? Karena Kuliah Etiket hampir tidak pernah diajarkan didalam kelas, oleh karena itu sangat wajib diajarkan karena Etiket bisa menjadi penilaian seseorang terhadap kita”

                Dalam penutupan amanatnya, beliau mengkabarkan bahwa kuliah etiket akan berlanjut setelah shalat shubuh, yang bertempat di aula putra,diikuti oleh seluruh santriwan/wati, yang akan diisi langsung oleh Khodimul Ma’had Ust. Yazid Dimyati, S.Th.I.Lc,.

                Acara selesai pada pukul 22.50 WIB, yang ditutup oleh MC yaitu Alifiah Syaukilah, santriwati kelas 3 Int asal Bekasi. Semoga dengan adanya Kuliah Etiket ini, para santri dapat membawa kebiasaan baik yang sudah diajarkan oleh pesantren.

INFO LIBURAN
Exit mobile version