Masa Pengenalan dan Orientasi Pesantren (MPOP) 2018

Sabtu (14/07/18) Ahlan Wasahlan Biquduumikum.... kalimat yang tidak asing lagi bagi para santri untuk menyambut siapa saja yang berkunjung ke Pesantren. Begitupun pada kesempatan kali ini kalimat tersebut diucapkan lebih istimewa karena hadirnya murid baru di pesantren, tepatnya pada tanggal 7 - 8 Juli. Masa Pengenalan dan Orientasi Pesantren, atau sering kita kenal dengan MPOP, salah satu kegiatan rutin pesantren setiap tahunnya yang bertujuan untuk menyambut kedatangan santri baru, dan sebagai ajang bertaaruf atau perkenalan antara santri kepada seluruh guru maupun staf pesantren. Seperti yang difirmankan allah dalam Q. S Al-Hujurat ayat 13 :

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا ۚ إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

"Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling takwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal."

Serta memberikan berbagai pembelajaran dan pengetahuan seputar kepesantrenan. Kegiatan ini dimulai pada hari selasa, 09 Juli s/d Sabtu, 14 Juli 2018. MPOP diawali dari pagi setelah solat dhuha berjamaah, lalu dilanjutkan kembali setelah ashar kegiatan antar konsulat untuk mempersiapkan parade konsulat, lalu diakhiri dengan kegiatan lain setelah isya. Begitu setiap harinya kegiatan ini berlangsung hingga penghujung acara. Dengan dihadiri oleh seluruh asatidz/ ustadzah serta seluruh santri putra maupun putri. Kegiatan MPOP berlangsung sangat meriah, dengan kerja sama antar panitia serta keantusiasan para santri dalam menjalankan berbagai rangkaian kegiatan. Dalam kegiatan ini, pemateri banyak menyampaikan irsyadat wa taujihat. dan berbagai materi lainnya, seperti pengenalan panca jiwa pesantren, pengenalan moto pondok pesantren, pengenalan tata tertib beribadah santri, pengenalan visi&misi pesantren modern daarul'uluum lido, pengenalan konsep tarbiyyatul muallimien Al-islamiyah. serta berbagai pengumuman tata tertib pesantren. diisi oleh para kiyai pesantren, yaitu KIYAI Moh. Yazid Dimyati S.Th.I, Lc. KIYAI Affan Afifi S.H.I, serta segenap asatidz Daarul Uluum Lido.

Masa Pengenalan dan Orientasi Pesantren

Masa Pengenalan dan Orientasi Pesantren

Related posts