Kuliah Etiket Menjelang Liburan Akhir Semester Ganjil

Daarululuumlido.com - Setelah melewati rentetan ujian para santriwan dan santriwati selama 3 minggu atau 21 hari. Mulai dari ujian yang di awali dengan ujian syafahi selama seminggu, kemudian dilanjutkan dengan ujian tulis atau ujian tahriri selama 2 minggu. Akhirnya, pada tanggal 20 desember 2016 tepatnya pada malam rabu ba’da isya di adakan pembukaan kuliah etiket pertama oleh mudirul ma’had yaitu Al-Ustadz Muhammad Yazid Dimyati, S.Th.I,Lc yang bertempat di Aula Putra Pesantren Modern Daarul Uluum Lido dalam rangka menjelang hari perpulangan atau liburan bagi kalangan para santriawan dan satriwati.

Acara yang di awali dengan pembacaan data santriwan dan santriwati Pesantren Modern Daarul Uluum Lido yang di bacakan oleh ketua Hisada Masa Khidmat 2016-2017. Kemudian di lanjutkan dengan pemberian tausiyah atau pembekalan bagi santriwan dan santriwati dalam menjalani liburan semester yang disampaikan oleh Al-Ustad Muhammad Yazid Dimyati, S.Th.I,Lc. Yang mana di dalam tausiyah tersebut memberi banyak pelajaran bagi para santriwan dan satriwati pondok pesantren modern daarul uluum lido. Bahwasanya ujian merupakan tolak ukur seseorang, ketika ujian telah terlewati bukan berarti pekerjaan telah selesai, justru ada pekerjaan baru yang harus di selesaikan.

Allah SWT berfirman dalam surah Al-insyirah yang berbunyi “Faidza Farogta Fanzhob”. Apabila kamu telah selesai dengan suatu pekerjaan, tetaplah bekerja keras untuk pekerjaan yang lain. Ujar Mudir Mahad

Di dalam kuliah etiket yang disampaikan oleh mudirul ma’had bahwasanya Allah SWT berfirman dalam surah Al-insyirah yang berbunyi “Faidza Farogta Fanzhob”. Apabila kamu telah selesai dengan suatu pekerjaan, tetaplah bekerja keras untuk pekerjaan yang lain. Oleh karena itu, kita dilatih untuk senantiasa berusaha dalam segala hal, karena selesainya suatu ujian bukan berarti telah selesai dengan urusan yang lainnya. Oleh karena itu, di dalam mengisi waktu libur haruslah diisi dengan kegiatan yang bermanfaat.

Adapun kuliah etiket akan berlangsung selama 3 hari mulai dari tanggal 20 Desember 2016 sampai tanggal 22 Desember 2016 yang akan di tutup dengan pembekalan kuliah etiket untuk para santriwan, karena perpulangan untuk santriwati Pesantren modern daarul uluum lido lebih dahulu yaitu pada tanggal 21 desember 2016 bertepatan pada hari rabu, sedangkan untuk santriwan putra Pesantren Modern Daarul Uluum lido bertepatan pada tanggal 22 desember 2016 yang jatuh pada hari kamis.

Dengan adanya kuliah etiket yang menjadi rutinitas Pondok Pesantren Modern Daarul Uluum Lido ketika menjelang liburan, diharapkan untuk para santriwan dan satriwati agar dapat mengaplikasikan semua ilmu atau pembelajaran yang di dapatkan dari kuliah tersebut sehingga tidak melupakan jati dirinya sebagai santri walaupun sedang berada di dalam lingkungan masyarakat luar, dan juga agar senantiasa dapat menjadi khudwatul hasanah baik di lingkup keluarga di rumah maupun di lingkungan masyarakat.

Related posts