Apel Pembukaan Ujian Tengah Semester Ganjil TA 2017-2018

Daarululuumlido.com. - Ujian tengah semester atau yang biasa disebut UTS adalah salah satu kegiatan sunnah pesantren yang wajib dilaksanakan setiap pertengahan semester, baik itu semester ganjil maupun semester genap. Pada hari ini ( 02/10/2017) ma’had Daarul ‘Uluum Lido mengadakan agenda wajib sebelum ujian berlangsung, yakni apel pembukaan ujian tengah semester. Di tahun ajaran ini, sehubungan dengan berubahnya sistem pesantren, maka pelaksanaan UTS kali ini juga terdapat beberapa perubahan yang dapat dirasakan oleh para santriwan maupun santriwati ma’had Daarul ‘Uluum Lido ini.

Apel pembukaan ujian tengah semester ini dimulai pada pukul 07:00 pagi dimana para santriwan maupun santriwati telah berbaris rapi di lapangan utama ma’had Daarul ‘Uluum Lido. Agenda pagi yang dibuka oleh al-Ustadz Noor Fachruddin Fahmi.Lc ini langsung dilanjut dengan sambutan dan nasehat yang disampaikan oleh al-Ustadz Muhammad Affan Afifi S.H.I

Dalam sambutannya di apel pembukaan ujian tengah semester ini, al-ustadz Affan menyatakan bahwa ‘UTS atau yang sering diplesetkan oleh sebagian santriwan/i sebagai Ujian Tidak Serius adalah sebuah Ujian Teramat Serius. Yang mana, di UTS kali ini setiap ruangan akan diawasi oleh empat sampai lima pengawas yang terdiri dari dua assatidz/ah dan tiga santriwan/i kelas niha’ie, jadi tidak ada alasan bagi santriwan maupun santriwati untuk saling bekerja sama ataupun mencontek’

"Man aroda dunya fa’alaihi bil ‘ilmi. Man arodal akhiroh fa’alaihi bil ilmi. Wa man aroda huma fa’alaihi bil ‘ilmi. Siapa yang menginginkan dunia maka harus dengan ilmu Siapa yg menginginkan akhirat maka dengan ilmu, Dan barang siapa yang ingin kedua-duanya maka harus dengan ilmu", Tegas al-Ustadz Muhammad Affan Afifi S.H.I dalam nasehatnya di apel pembukaan ujian tengah semester ini. 

Apel Pembukaan Ujian Tengah Semester Ganjil 2017 - 2018

Suasana Ujian Tengah Semester Ganjil 2017 - 2018

Oleh karenanya, ujian tengah semester ini benar-benar harus dihadapi dengan serius oleh segenap santriwan maupun santriwati ma’had Daarul ‘Uluum Lido. Disela nasehat yang disampaikan oleh al-ustadz Affan, beliau menyatakan sangat mengapresiasi kerja bagian pengajaran HISADA yang telah mengatur para anggota untuk berbaris dengan rapi sehingga apel pembukaan ujian tengah semester ini dapat dimulai tepat pada waktunya.

Setelah sambutan dan nasehat di apel pembukaan ujian tengah semester yang disampaikan al-ustadz Muhammad Affan Afifi S.H.I. Dilanjut dengan pembacaan tata tertib selama ujian tengah semester dilaksanakan yang dibacakan oleh al-ustadzah Cucum Qomariyah.M.Pd.I menggunakan bahasa inggris. Sebagai salah satu bahasa resmi di ma’had Daarul ‘Uluum Lido tercinta ini.

Apel pembukaan ujian tengah semester ini ditutup kurang lebih pada pukul 07:40 WIB. Sebelum akhirnya para santriwan dan santriwati akan berjuang menghadapi medan Ujian tengah semester yang akan berlangsung selama seminggu penuh. Dimulai pada tanggal 2 Oktober 2017 dan berakhir di tanggal 7 Oktober 2017. Yang menyebabkan jumlah mata pelajaran yang diujikan dalam sehari dapat mencapai 3-4 mata pelajaran.

 Ma’annajah Fil Imtihan...

Foto selengkapnya

(Red. SalwaNs)

Related posts