Apel Pembukaan dan Peresmian PEMILU Calon Ketua HISADA 2017 – 2018

Perubahan yang terjadi pada sistem pesantren tidak hanya merubah sistem keorganisasian yang ada, namun banyak perubahan – perubahan yang terjadi sepanjang tahun ajaran ini, mulai dari perubahan kecil hingga perubahan besar. Salah satunya adalah Pemilihan Umum Calon ketua HISADA yang dilakukan pertama kali ditahun ajaran ini. Karena ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Daarul ‘Uluum Lido melaksanakan PEMILU maka, diresmikannya kegiatan ini oleh mudir TMI yakni al-Ustadz Affan Afifi SH.I.

Pembukaan serta peresmian PEMILU ini dilaksanakan pada Sabtu, 16 September 2017, yang bertempat di Lapangan Utama Ma’had Daarul ‘Uluum Lido yang dimulai tepat pada pukul 7.30, acara ini dipandu oleh al-Ustadz Ja’far Siddiq selaku pembawa acara. Acara yang diawali dengan pembacaan basmalah oleh seluruh santriwan maupun santriwati dilanjut dengan sambutan sekaligus pembukaan serta peresmian oleh al-Ustadz Affan Afifi SH.I , dalam sambutannya beliau mengatakan,“PEMILU ini adalah bentuk perubahan yang terjadi di Ma’had ini, semoga perubahan ini menjadi perubahan dalam artian positif, dimana segala sesuatu yang kita lakukan di pesantren ini adalah sebuah bentuk pendidikan”.

Pemilu HISADA 2017 - 2018

Suasana Antri Pemilu HISADA 2017 - 2018

Setelah sambutan yang disampaikan beliau, dilanjutkan dengan peresmian secara simbolis yang dilakukan dengan cara mencoblos kandidat calon ketua HISADA yang dilakukan oleh al-Ustadz Affan Afifi SH.I beserta istrinya yakni al-Ustadzah Nurlita Devi, yang dilanjut dengan memasukkan surat suara kedalam kotak suara, yang mana kegiatan ini mengundang riuh seluruh santriwan serta santriwati, setelah itu al-Ustadz Affan Afifi SH.I dan al-Ustadzah Nurlita Devi melakukan tradisi yang umum biasa dilakukan setelah mencoblos sebagai tanda telah melakukan PEMILU, yakni dengan mencelupkan jari kedalam tinta yang telah disediakan.

Pemilu HISADA 2017 - 2018

Pemilu HISADA 2017 - 2018

Pembukaan serta peresmian PEMILU ini diakhiri dengan penutupan dengan membaca hamdalah oleh seluruh santri yang dilanjutkan dengan kegiatan PEMILU. Sedangkan PEMILU ini sendiri dibagi menjadi enam TPS yang dibagi sesuai zona masing-masing yakni, tiga TPS di area santriwan dan tiga TPS lainnya di area santriwati. TPS pertama berada di lapangan basket putra, TPS kedua berada di depan kamar HISADA putra, dan TPS ketiga berada di depan Rayon Zaid Ibn Haritsah. Sedangkan TPS keempat berada di kawasan putri yakni di lapangan gedung Hasanah, TPS kelima berada di depan Rayon Makmur, dan TPS terakhir berada di lapangan Rayon Rabithah. Waktu pelaksanaan PEMILU ini berlangsung setelah pembukaan dan berakhir pada waktu dzuhur.

PEMILU ini melibatkan seluruh warga Ma’had Daarul ‘Uluum Lido, mulai dari mudir TMI, Khodimul Ma’had, Assatidz, Assatidzah serta seluruh santriwan dan santriwati mulai dari kelas satu hingga kelas akhir. Sedangkan, perhitungan suara sendiri akan dilaksanakan ba’da dzuhur semua surat suara akan dihitung di TPS masing-masing yang nantinya akan disetorkan ke kantor sekretariat pesantren untuk quick count dan real count sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu, 17 September 2017.

Kira-kira, siapakah yang akan memenangkan PEMILU tahun ini dan menjadi Ketua dan wakil ketua HISADA nantinya?

(Red. Salwa Nurhandini & Salwa Nibras)

Related posts